Tekanan Darah Normal pada Lansia

Menua atau menjadi tua merupakan salah satu proses dari menghilangnya secara perlahan-lahan dan juga secara bertahap dari kemampuan jaringan untuk bisa memperbaiki diri atau juga mengganti dan juga bisa mempertahankan fungsi normal dari infeksi dan juga memperbaiki terjadinya kerusakan yang dialami. Proses menua yang terjadi adalah salah satu proses yang terus menerus dengan alami, dan dimulai dari sejak akhir serta umumnya dialami bukan hanya manusia saja. Namun dialami oleh semua orang.

Tekanan Darah Normal pada Lansia

Tekanan Darah Normal pada Lansia

Tekanan Darah Normal pada Lansia

Tekanan darah merupakan tekanan yang ditimbulan dari dinding arteri. Dan tekanan sistolik merupakan tekanan darah saat terjadinya suatu kontraksi pada otot jantung. Hal ini secara khusus bisa digunakan untuk bisa merujuk pada tekanan arterial maksimum disaat terjadi suatu konttaksi pada lobus ventrikular kiri dan juga pada jantung.

Semakin tua usia seseorang, maka tekanan darah normal mereka juga akan semakin mengalami peningkatan. Jika mereka sudah mengalami tekanan darah normal yang meningkat maka hal ini akan beresiko besar terjadinya masalah penyakit yang bisa membahayakan kesehatan. Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang usia lanjut. Hipertensi ditandai dengan terjadinya peningkatan tekanan darah diastolik dan juga sistolik yang biasanya bersifat intermiten atau yang biasanya menetap. Penyakit tekanan darah normal pada lansia yang bisa dibedakan menjadi dua hipertensi dengan terjadinya peningkatan diastolik juga sistolik, kebanyakan hal ini bisa ditemukan pada pertengahan pada penyakit hipertensi sistolik di usia 65 tahun. Penyakit tekanan darah diastolik yang mengalami peningkatan sebelum di usia 60 tahun dan juga mengalami penurunan setelah usia 60 tahun pada tekanan sistolik yang mengalami peningkatan seiring dengan usia yang semakin bertambah.

Tekanan darah normal pada lansia yang mengalami peningkatan jika sistoliknya mencapai 140 mmHg ke atas atau juga tekanan diastoliknya 90 mmHg ke atas. Dan penyakit hipertensi banyak ditemukan dengan jumlah kasusnya 60-70% untuk populasi yang usianya 65 tahun ke atas. Dan bahkan lansia yang usiany diatas 80 tahun biasanya sering mengalami penyakit hipertensi persisten, dengan tekanan sistoliknya mencapai menetap diatas 160 mmHg. Selain itu, penyakit tekanan darah tinggi yang banyak ditemukan dan bersifat khas pada lansia adalah isolated systolic hypertension, dimana tekanan dari sistoliknya saja yang mengalami peningkatan, yakni diatas 140 mmHg, tetapi tekanan diastolik masih dalam keadaan normal atau stabil.

Banyak dari mereka yang beranggapan bahwa masalah tekanan darah tinggi atau penyakit hipertensi, yakni adalah tekanan darah sistolik yang lebih dari sekitar 140 mmHg atau tekanan darah diastolik yang lebih dari sekitar 90 mmHg. Hal ini adalah suatu hal yang normal untuk orang tua dan juga tidak perlu diberikan obat hipertensi.

Tekanan darah normal pada lansia mengalami peningkatan karena :

  1. Pengerasan pada pembuluh darah, yang khususnya terjadi adalah pembuluh darah nadi atau arterial. Hal ini disertai dengan terjadinya pengurangan dari elastisitas dari otot jantung atau yang disebut dengan miokard.
  2. Sensitivitas baroreseptor untuk pembuluh darah yang mengalami pengurangan akibat dari rigiditas pembuluh darah arteri. Akibat dari hal ini maka pembuluh darah yang tidak berfluktuasi dengan baik dan segera sesuai dengan terjadinya suatu perubahan pada curah jantung.
  3. Dan selain itu juga fungsi ginjal yang mengalami penurunan. Ginjal dalam keadaan yang normal mempunyai peranan untuk bisa mengatur tekanan darah, yakni adalah lewat sistem renin-angiostensin-aldosteron. Dan jika tekanan darah sistemik mengalami penurunan, ginjal akan menghasilkan renin lebih banyak lagi supaya bisa mengubah angiotensinogen yang bisa menjadi angiotensin II, zat yang bisa menimbulkan suatu vasokonstriksi untuk pembuluh darah. Akibat dari tekanan darah yang mengalami peningkatan. Pada lansia, regulasi dari sistem renin-angiotensin-aldosteron yang juga sudah kurang baik.

Salah satu penyebab dari tekanan darah normal pada lansia mengalami peningkatan adalah karena merokok. Merokok adalah salah satu hal yang bisa mengakibatkan terjadinya peninggian pada tekanan darah. Perokok berat yang bisa dikaitkan dengan peningkatan pada kejadian penyakit hipertensi mailigna serta resiko dari terjadinya penyakit stenosis arteri renal yang mengalami penyakit arteriosklerosis.

Selain itu, penyebab tekanan darah normal pada lansia mengalami peningkatan adalah akibat dari mengonsumsi makanan yang mengandung garam berlebihan akan menyebabkan resiko dari terjadinya penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kadar dari sodium yang sangat direkomendasikan dalam menu sehari-hari adalah tidak lebih dari sekitar 100 mmol dalam seharinya. Mengonsumsi makanan yang mengandung natrium berlebihan bisa mengakibatkan konsentrasi dari natrium yang ada didalam cairan ekstraseluler mengalami peningkatan. Untuk bisa menormalkan cairan intraseluler yang ditarik menuju keluar, sehingga volume cairan ekstraseluler mengalami peningkatan. Meningkatnya dari volume cairan ekstraseluler tadi bisa mengakibatkan terjadinya peningkatan pada volume darah, sehingga akan berdampak dari terjadinya penyakit hipertensi.

Dan selain itu, banyaknya penelitian yang sudah membuktikan mengenai minuman yang mengandung alkohol akan menyebabkan kerusakan jantung dan juga organ-organ tubuh yang lain, dan salah satunya adalah pembuluh darah. Kebiasaan untuk minum minuman yang mengandung alkohol dengan berlebihan adalah salah satu faktor dari pemicu terjadinya penyakit hipertensi.

Tekanan Darah Normal pada Lansia

CARA PEMESANAN KAPSUL DAUN SELEDRI

Berkhasiat Untuk Membantu Mencegah Dan Mengatasi Gejala Hipertensi (Darah Tinggi), Stroke, Reumatik Dan Menurunkan Kadar Asam Urat

obatdarahtinggisp

Harga Kapsul Daun Seledri 1 Botol  isi 45 kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

pesansp

Cara Pemesanan Kapsul Daun Seledri :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Seledri, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Tekanan Darah Normal and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.