Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

Semakin rendah tekanan darah biasanya makin sehat pula tubuh, namun, juga jangan pula terlalu rendah karena bisa membuat terkena Hipotensi atau tekanan darah rendah. Umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal di bawah atau setara 120/80 mm Hg.

hipertensi

Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

Angka 120 menunjukkan tingkat tekanan ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh atau biasa disebut tekanan sistolik. Sementara angka 80 berarti tingkat tekanan saat jantung beristirahat sejenak sebelum kembali memompa lagi atau kerap disebut tekanan diastolik. Tekanan darah tergolong normal selama berada di bawah 140/90.

Namun angka tersebut tidak mutlak. Tekanan darah normal bisa naik atau turun tergantung aktivitas fisik yang Anda jalani dan kondisi emosional Anda. Jadi Anda tidak perlu panik ketika mendapati tekanan darah Anda berbeda, asal angka tersebut tidak konsisten tinggi atau rendah dalam waktu lama.

Rentang Angka Tekanan Darah Normal

Untuk orang dewasa angka tekanan darah normal berada pada rentang tekanan sistolik 90 – 120 mmHg dan tekanan diastolik 60 -79 mmHg. Berikut kategori tekanan darah untuk orang dewasa selengkapnya.

– Hipotensi, jika tekanan sistolik kurang dari 90 atau tekanan diastolik kurang dari 60

– Normal,  jika tekanan sistolik 90 – 120 dan tekanan diastolik 60 – 79

– Prahipertensi, jika tekanan sistolik  121 – 139 atau tekanan diastolik 80 – 89

– Hipertensi tahap 1, jika tekanan sistolik  140 – 159 atau tekanan diastolik 90 – 99

– Hipertensi tahap 1, jika tekanan sistolik  160 – 179 atau tekanan diastolik 100 – 119

– Krisis hipertensif, jika tekanan sistolik  180 ke atas  atau tekanan diastolik 120 ke atas

Orang dengan angka tekanan darah terlalu rendah (hipotensi) dan orang yang memiliki angka tekanan darah terlalu tinggi (penyakit hipertensi) harus mendapatkan perawatan medis untuk mengupayakan agar tekanan darahnya berada dalam rentang tekanan normal.

Bisa memiliki tekanan darah normal dengan melakukan hal berikut :

  1. Penggunaan garam yang seimbang

Tubuh hanya memerlukan 500mg gram per hari. Rekomendasi terbaru menganjurkan untuk membatasi jumlah asupan garam dalam sehari maksimal 2400mg, ini serta dengan kurang 1 lebih sendok teh.

  1. Berolahraga

Aktivitas fisik bisa merangsang tunuh untuk memperoduksi asam nitrat. Zat ini bisa membuat pembuluh darah terbuka sehingga mengurangi tekanan darah. Dengan berolahraga berarti anda menguatkan otot jantung,  mengurangi stress dan terhindar dari obesitas, salah satu  pemicu hipertensi.

  1. Hindari stress berlebihan

Tidak sulit mengatasi stress, dengan cukup melakukan hal yang di sukai, selama itu positif. Anda bisa mengeluarkan semua unek-unek yang membuat anda stress dengan berbagai cerita ke keluarga atau teman dekat.

  1. Terapkan pola makan sehat dan gizi seimbang

Konsumsilah makanan yang sehat agar terhindar dari hipertensi. Makanan yang disarankan yaitu,  buah, ikan, sayur, kacang, daging unggas, biji-biji utuh, susu rendah lemak. Hindari mnegonsumsi alkohol yang berlebihan.

Makanan pada Tekanan Darah Normal

Sebagian orang tidak menyadari apa saja yang mereka makan tiap hari, apalagi kandungannya. Bagi Anda yang ingin menjaga tekanan darah pada kisaran normal, dapat mulai menjalani kebiasaan mencermati asupan makanan dan kandungannya.

Makanan yang tinggi kandungan sodium dapat meningkatkan tekanan darah. Makin sedikit sodium yang Anda konsumsi, maka makin terkendali tekanan darah Anda. Sebaliknya dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung potasium, magnesium, dan serat dapat membantu Anda mengendalikan tekanan darah.

Makanan tinggi sodium antara lain makanan kemasan dalam kaleng, makanan diproses, dan makanan siap saji. Jika perlu, buat catatan harian untuk mengukur porsi garam dalam makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda mengonsumsi makanan dalam kemasan, baca labelnya. Pilih makanan dengan kandungan sodium harian 5 persen atau kurang, hindari yang mengandung sodium 20 persen atau lebih.

Selain garam, batasi juga kecap asin yang Anda gunakan saat memasak di dapur. Contoh makanan yang bisa mengandung garam yang tinggi adalah roti, saus tomat, saus sambal, camilan kerupuk dan kacang yang telah dibumbui. Batasi juga frekuensi Anda makan di luar karena cara terbaik mengontrol asupan sodium adalah dengan memasak sendiri di rumah.

Anda dapat membuat perubahan secara bertahap, misalnya membatasi asupan sodium sekitar 2.400 miligram atau sekitar satu sendok teh. Ketika tubuh sudah beradaptasi, maka kurangi lagi hingga 1.500 mg atau sekitar 2/3 sendok teh. Jumlah itu termasuk sodium yang dikonsumsi secara keseluruhan dari produk makanan dan apa yang Anda masak atau sajikan di meja makan. Untuk menambah rasa dan aroma makanan, Anda dapat menggunakan bumbu rendah sodium seperti berbagai macam rempah alami lain atau cuka.

Pencegahan Tekanan Darah Normal berdasarkan usia

  • Mengubah pola gaya hidup
  • Penurunan berat badan ke berat badan ideal
  • Hindari asupan natrium yang berlebihan, misalnya : garam, MSG
  • Hindari faktor resiko seperti merokok, alkohol, makanan berlemak (contoh: santan, jeroan, dsb), dan stress.
  • Meningkatkan aktifitas fisik seperti jalan sehat, jogging, aktivitas fisik yang aktif seperti menyiram bunga, berkebun, menyapu.
  • Lakukan pemeriksaan tekanan darah yang teratur untuk mengecek kestabilan tekanan darah anda.

Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

CARA PEMESANAN KAPSUL DAUN SELEDRI

Berkhasiat Untuk Membantu Mencegah Dan Mengatasi Gejala Hipertensi (Darah Tinggi), Stroke, Reumatik Dan Menurunkan Kadar Asam Urat

obatdarahtinggisp

Harga Kapsul Daun Seledri 1 Botol  isi 45 kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

pesansp

Cara Pemesanan Kapsul Daun Seledri :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Seledri, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap

This entry was posted in Tekanan Darah Normal and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.